Jenis Sabun Alami yang Perlu Diketahui

Sabun memang sudah menjadi salah satu komponen dalam kehidupan manusia yang tidak bisa terpisahkan lagi karena fungsinya untuk menjaga kebersihan tubuh. Pada umumnya, sabun terbuat dari berbagai bahan kimia sintetis yang memang sedikit lebih keras sehingga tidak cocok untuk semua jenis kulit. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan keinginan untuk mengatasi masalah tersebut, maka terciptalah sabun alami. Sesuai namanya, sabun alami merupakan sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga lebih lembut untuk kulit.

Tentu saja ada banyak sekali jenis sabun alami yang terbuat dari berbagai bahan yang berbeda-beda yang bisa anda sesuaikan dengan fungsinya untuk kulit anda. Pada artikel ini, anda akan mengetahui lebih dalam tentang berbagai jenis sabun alami sehingga anda juga bisa memilih sabun yang tepat untuk anda. 

1. Sabun yang Mengandung Olive Oil

Olive oil atau minyak zaitun merupakan kandungan yang sangat populer pada berbagai jenis sabun alami karena memang bahan yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit anda. Minyak zaitun sendiri memang sudah sering digunakan untuk perawatan kulit dalam waktu yang cukup lama karena kandungan asam lemak yang sangat baik untuk kulit. 

Sabun yang mengandung olive oil atau minyak zaitun biasanya sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Olive oil memang salah satu pelembab kulit alami yang sangat baik untuk menjaga agar kulit tetap lembut dan terhidrasi. Menggunakan sabun yang mengandung olive oil sangat cocok bagi anda yang mengalami masalah kulit kering. 

Selain itu, sabun yang mengandung olive oil juga kaya akan antioksidan sehingga mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaga agar kulit tetap awet muda. Manfaat lainnya dari sabun yang mengandung olive oil adalah mampu berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit sehingga bisa mengatasi kulit berjerawat atau kulit sensitif. 

Dari manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, sangat jelas kalau sabun yang mengandung olive oil sangat cocok untuk semua jenis kulit. Untuk jenis kulit kering, sabun olive oil akan sangat membantu untuk menjaga kelembaban. Sedangkan untuk kulit sensitif dan berjerawat, sabun dengan kandungan olive oil akan membantu menjaganya tetap sehat. 

2. Sabun yang Mengandung Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, sabun yang mengandung minyak kelapa juga cukup populer dalam dunia perawatan kulit, terutama bagi orang yang memang memilih sabun alami sebagai produk perawatan kulitnya. Sabun dengan kandungan minyak kelapa banyak dipilih karena memang memiliki banyak sekali manfaat. Selain kaya akan asam lemak yang sangat bernutrisi dan mudah diserap oleh tubuh, sabun dengan kandungan minyak kelapa akan membantu menjaga kelembaban, menjaga kulit dari bakteri, dan membantu menyembuhkan luka lebih cepat. 

Sama seperti olive oil atau minyak zaitun, minyak kelapa juga sebenarnya memiliki fungsi yang tidak kalah bagus sebagai pelembab alami bagi kulit. Minyak kelapa bisa menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik serta mencegah kulit agar tidak kering serta pecah-pecah. Manfaat ini sangat cocok bagi anda yang memiliki kulit kering. 

Manfaat lainnya dari sabun yang mengandung minyak kelapa adalah sebagai anti bakteri yang bisa menyembuhkan infeksi kulit dan jerawat. Tentu saja hal ini juga akan membantu luka menjadi lebih cepat kering. Maka dari itu, sabun dengan kandungan minyak kelapa juga cocok bagi anda yang memiliki kulit sensitif. 

3. Sabun Susu Kambing

Bagi anda yang memiliki kulit sensitif, mungkin bisa beralih menggunakan sabun alami yang mengandung susu kambing. Ada beberapa jenis kulit yang sangat sensitif dan alergi terhadap berbagai bahan kimia atau busa sabun mandi. Untuk mengatasi permasalah tersebut, anda bisa beralih menggunakan sabun alami dengan kandungan susu kambing yang tidak mengandung bahan kimia sama sekali serta tidak akan menghasilkan busa dalam jumlah yang banyak. 

Hampir sama seperti jenis sabun alami yang mengandung olive oil dan minyak kelapa, sabun alami dengan kandungan susu kambing juga bisa berfungsi sebagai pelembab alami karena memang susu kambing memiliki berbagai nutrisi yang bisa membantu mengatasi permasalahan kulit kering. 

Selain itu, sabun dengan kandungan susu kambing juga berguna untuk menjaga kulit anda agar tetap awet muda dengan cara memperlambat tanda-tanda penuaan. Tidak hanya itu saja, susu dengan kandungan susu kambing juga akan membantu mengangkat sel kulit mati sehingga menjaga kulit agar tidak cerah dan tidak mudah kusam.

4. Sabun Minyak Essensial

Minyak essensial sering dijadikan produk untuk terapi, seperti aromaterapi, minyak pijat, dan lain sebagainya. Namun, minyak essensial juga bisa dijadikan salah satu bahan dalam sabun alami. Minyak essensial sendiri berasal dari berbagai tumbuhan alami, seperti lavender, mawar, melati, dan lain sebagainya yang diekstrak sehingga bisa menghasilkan aroma yang sangat harum. 

Penggunaan sabun dengan kandungan minyak essensial sangat bermanfaat sebagai aromaterapi, penghalang bakteri, dan perawatan yang khusus untuk kulit. Sesuai fungsi utama minyak essensial, sabun yang mengandung minyak essensial tentu saja akan memberikan aroma alami ketika anda menggunakannya sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks, tenang, dan membuat tubuh menjadi lebih santai. 

Sabun yang mengandung minyak essensial sendiri juga bisa membunuh berbagai jenis bakteri sehingga akan membantu kulit untuk tetap sehat dan bersih. Minyak essensial pada sabun alami akan membunuh berbagai jenis bakteri dan kuman pada kulit sehingga bisa membuat kulit tetap bersih serta sehat. 

Jika anda ingin melakukan perawatan khusus untuk jenis kulit sensitif dan berjerawat, maka sabun yang mengandung minyak essensial sangat tepat karena memang bisa mengatasi kulit berjerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. 

5. Sabun Gliserin

Gliserin merupakan suatu zat alami yang bisa ditemukan pada lemak hewan dan lemak nabati dengan fungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit agar cepat beregenerasi, mempercepat penyembuhan luka, dan melindungi kulit dari iritasi. Sabun yang mengandung gliserin tentu memiliki banyak sekali fungsi.

Sabun yang mengandung gliserin bisa berfungsi sebagai pelembab alami yang memperbaiki permasalahan kulit kering yang sudah cukup parah. Seperti fungsi utama dari gliserin, sabun yang mengandung gliserin juga sangat cocok untuk mengatasi kulit yang sensitif sehingga sangat tepat untuk mengatasi iritasi pada kulit. 

Dalam keadaan cuaca yang sangat panas atau dingin sehingga bisa membuat kulit sangat cepat kering, penggunaan sabun yang mengandung gliserin akan sangat membantu menjaga kelembaban kulit karena sabun yang satu ini menjaga kelembaban kulit agar bertahan dengan lebih lama. 

Itulah berbagai jenis sabun alami yang perlu anda ketahui dan bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Tentu saja setiap jenis sabun alami memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, pada umumnya sabun alami akan sangat tepat digunakan untuk semua jenis kulit.

Sumber: media.neliti.com/media/publications/470626-none-6ad85f76.pdf

Related Articles

Berikut-Sabun-Cair-Susu-Oat-Milk-dan-Madu-Onette-1
Sabun alami belakangan ini semakin populer seiring dengan banyak keluhan terhadap sabun konvensional yang mengandung zat kimia sintetis. Sabun konvensional dengan kandungan zat kimia sintetis memang bisa...
Kombinasi-Sabun-Liquid-Oat-Milk-dan-Madu
Kesehatan kulit memang menjadi salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian khusus dari kita dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Dalam upaya untuk menjaga agar kulit tetap...