Manfaat Sabun Madu Cair Untuk Kulit

Merawat kulit dengan maksimal menjadi suatu kewajiban karena kulit menjadi salah satu bagian tubuh terbesar dari tubuh kita. Maka dari itu, sabun sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang diperlukan oleh semua orang. Ada banyak jenis sabun yang bisa anda beli, seperti sabun konvensional dan sabun alami. Untuk melakukan perawatan kulit secara optimal, lebih disarankan untuk menggunakan sabun alami. 

Salah satu sabun alami yang sangat baik untuk kulit adalah sabun yang terbuat dari bahan madu cair. Tentu saja sabun madu cair memiliki banyak sekali manfaat yang sangat bagus untuk tubuh. Inilah daftar manfaat dari sabun madu cair untuk kulit yang harus anda ketahui sebelum menggunakannya:

1. Hidrasi Kulit

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Diponegoro, baik sebagai sabun, pelembab, dan produk kecantikan lainnya, madu sangat efektif untuk melembabkan kulit karena memang madu merupakan humektan alami. Humektan sendiri merupakan suatu zat yang memang fungsinya untuk menarik dan mengikat air dengan tujuan menjaga kelembaban kulit.

Kulit yang kering atau dehidrasi tentu saja bisa menjadi masalah karena bisa membuat anda merasa tidak nyaman. Rasa nyaman karena kulit kering akan semakin terasa ketika anda selesai mandi. Kaku, sedikit tertarik, bersisik, hingga kusam menjadi tanda kulit yang kering. Tentu saja penyebab kulit yang kering kurangnya air dan nutrisi. 

Penggunaan sabun mandi alami berbahan madu secara rutin bisa mengatasi kulit kering dan menjaga hidrasi kulit karena memang bisa mengikat air. Namun, tentu saja anda juga harus membantu mencukupi kebutuhan air pada kulit dengan cara minum air yang cukup. 

2. Sifat Antimikroba

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fakumi Medical Journal, madu memang memang memiliki fungsi serta potensi untuk menghambat kehidupan bakteri dan mikroba lainnya. Dalam penelitian yang sama disebutkan bahwa tingkat keasaman pada madu cukup tinggi untuk membunuh bakteri dan berbagai jenis kuman lainnya. Maka dari itu, tidak jarang madu dikatakan sebagai makanan yang menyehatkan karena bisa membunuh bakteri.

Bukan hanya sebagai makanan yang menyehatkan, tetapi madu juga bisa menjadi formula yang sangat baik jika digunakan sebagai produk kecantikan. Sabun alami yang menggunakan madu sebagai salah satu bahannya akan memiliki sifat antimikroba sehingga akan membersihkan tubuh anda dengan lebih baik lagi setelah aktivitas sehari-hari. 

Pertumbuhan bakteri pada kulit juga sering memunculkan berbagai masalah, seperti jerawat, komedo, dan lain sebagainya sehingga penggunaan sabun madu cair secara rutin akan membantu mengurangi masalah kulit tersebut secara perlahan.

3. Antiinflamasi

Selain berfungsi sebagai antimikroba, madu juga berguna sebagai antiinflamasi atau anti radang. Kulit juga bisa mengalami radang dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Jika sudah semakin parah, biasanya akan muncul tanda ruam kemerahan pada kulit yang ditandai dengan rasa gatal, jerawat, hingga rasa tidak nyaman. Faktor yang menyebabkan radang kulit juga cukup banyak, seperti kotoran, debu, terpapar zat kimia tertentu, atau kontak dengan orang yang sudah memiliki penyakit radang. 

Salah satu cara untuk mengatasi radang pada kulit tentu saja menggunakan produk yang memiliki fungsi sebagai anti radang atau antiinflamasi. Sabun madu cair memiliki fungsi tersebut karena memang madu bisa bertindak sebagai anti radang alami. Gunakan sabun madu cair secara rutin untuk menghilangkan radang pada kulit. 

4. Pencerahan Kulit

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang cerah sehingga anda akan memakai berbagai produk kecantikan. Ada banyak produk kecantikan yang justru memberikan efek samping berbahaya jika tidak cocok dengan kulit, seperti produk kecantikan yang mengandung zat kimia sintetis. Maka dari itu, lebih baik anda menggunakan produk kecantikan alami. 

Seperti sabun madu cair alami yang memang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Kandungan madu pada sabun memang berguna untuk membuat kulit jadi lebih cerah dan halus sehingga anda bisa mendapatkan kulit yang anda dambakan. 

5. Eksfoliasi Lembut

Setiap harinya akan selalu ada sel kulit kita yang mati dan ini merupakan proses yang sangat normal. Sel kulit mati tersebut akan lepas dari tubuh kita secara alami. Namun, terkadang proses pelepasan sel kulit mati tersebut sering terhambat sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati pada kulit anda. Sel kulit mati yang terus menumpuk akan membuat kulit anda tampak kusam. Maka dari itu, anda bisa melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. 

Ada banyak metode untuk melakukan eksfoliasi, seperti melakukan perawatan khusus atau hanya menggunakan beberapa bahan alami saja. Madu merupakan salah satu bahan alami yang juga bisa mengangkat eksfoliasi, terlebih lagi madu juga bisa melakukan eksfoliasi secara lembut tanpa adanya efek samping. Penggunaan sabun madu cair secara rutin akan membantu mengurangi kulit kusam karena penumpukan sel kulit mati. 

6. Mengurangi Jerawat

Ada banyak faktor yang menyebabkan jerawat pada kulit, seperti kotoran, polusi, bakteri, hingga penyakit tertentu. Tentu saja jerawat sangat membuat tidak nyaman karena rasa perih, gatal, hingga bisa mengganggu penampilan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika madu memiliki fungsi sebagai antimikroba dan antiinflamasi yang sangat berguna untuk melawan jerawat. 

Penggunaan sabun madu cair secara rutin akan membantu untuk mengurangi jumlah jerawat pada kulit anda. Namun, tentu saja anda harus membantu mengurangi jerawat dengan cara membersihkan bantal anda secara rutin, jangan memegang kulit ketika tangan sedang kotor, dan lebih rajin membersihkan kulit. 

Menggunakan sabun madu memang bisa mengurangi jerawat, tetapi efeknya tidak akan optimal jika anda sendiri tidak menjaga kebersihan kulit karena salah satu faktor yang menyebabkan jerawat adalah kebersihan kulit. 

7. Mengurangi Penuaan Dini

Setiap harinya, ada saja faktor yang bisa merusak kulit. Beberapa hal yang bisa merusak kulit adalah sinar matahari dan polusi. Karena itu, anda harus berusaha lebih keras menjaga kesehatan kulit jika lebih banyak beraktivitas di luar ruangan. Dampak dari seringnya terpapar sinar matahari dan terkena polusi adalah penuaan dini dengan munculnya bintik hitam dan kerutan halus pada kulit. Jika terus dibiarkan, maka kulit anda akan tampak keriput sehingga lebih tua dari umur anda sebenarnya. 

Untuk mengatasi masalah ini, anda harus menggunakan produk yang mengandung antioksidan. Untungnya, madu juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas yang mencoba merusak kulit. Carilah sabun yang memiliki formula madu sehingga anda bisa mendapatkan antioksidan tersebut. Gunakan secara rutin untuk menjaga agar kulit tetap awet. 

Itulah beberapa manfaat sabun madu cair untuk kulit yang harus anda ketahui. Terlebih lagi sabun madu cair menggunakan bahan alami yang sangat minim zat kimia sintetis sehingga tidak akan ada dampak negatif untuk kulit sehingga anda tidak perlu takut menggunakannya untuk seluruh area kulit.

Related Articles

Berikut-Sabun-Cair-Susu-Oat-Milk-dan-Madu-Onette-1
Sabun alami belakangan ini semakin populer seiring dengan banyak keluhan terhadap sabun konvensional yang mengandung zat kimia sintetis. Sabun konvensional dengan kandungan zat kimia sintetis memang bisa...
Kombinasi-Sabun-Liquid-Oat-Milk-dan-Madu
Kesehatan kulit memang menjadi salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian khusus dari kita dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Dalam upaya untuk menjaga agar kulit tetap...